Rabu, 10 Agustus 2011

Menjaga Stamina Saat Puasa


Menjaga Stamina Saat Puasa | Tips Berpuasa. Bagi saudaraku yang muslim, tidak terasa kita sudah memasuki malam ke-10 bulan Ramadhan. Semoga anda semua masih diberi kesabaran dan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa. Karena saat bulan Ramadhan kita sebagai umat Islam memiliki kewajiban untuk berpuasa, dimana puasa itu bukan hanya sekedar tidak makan dan minum,tetapi juga menahan hawa nafsu.
Agar kita senantiasa bersemangat untuk berpuasa, berikut tips berpuasa ala privatenews :
  1. Niat dengan sungguh-sungguh untuk berpuasa, tanamkan dalam hati dan pikiran anda bahwa puasa itu mudah dan mengganggu aktivitas anda.
  2. Waktu makan sahur usahakan mendekati waktu imsak (30/15menit sebelum imsak)
  3. Saat sahur usahakan jangan makan terlalu banyak, karena bila perut kekenyangan akan timbul rasa kantuk sehingga kita menjadi malas untuk beraktivitas.
  4. Usahakan minum air putih yang banyak (terutama saat menjelang imsak).
  5. Hindari meng konsumsi makanan bersantan dan terlalu mengandung minyak, karena dapat membuat tenggorokan terasa kurang nyaman, sehingga anda akan cepat haus
  6. Jangan lupa minum multi vitamin agar stamina anda tetap terjaga.
  7. Beraktivitaslah seperti biasa, semakin anda larut dengan pekerjaan, anda akan sejenak melupakan kalau sedang berpuasa.
  8. Kalau merasakan stamina mulai menurun, beristirahatlah atau bila memungkinkan anda bisa tidur sejenak, agar kondisi tubuh anda tetap terjaga.
  9. Ketika berbuka puasa, usahakan jangan langsung makan dengan porsi jumbo, karena hal itu dapat mengakibatkan terganggunya pencernaan anda. alangkah baiknya saat berbuka puasa kita berbuka dengan minuman manis yang hangat(teh,susu,kolak pisang,dsb) terlebih dahulu.
  10. Tips terakhir jangan jadikan puasa itu sebagai beban buat anda tetapi jadikan puasa sebagai kebutuhan anda yang harus dipenuhi.

Berikut tips berpuasa ala privatenews, semoga bermafaat bagi anda. Dan apabila anda menyukai ataupun tidak, silahkan menulis komentar anda. TQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar