Rabu, 10 Agustus 2011

Kutai Kartanegara Miliki 2000 Sumur Minyak


Kutai Kartanegara Miliki 2000 Sumur Minyak | 2000 Sumur Minyak Belanda Di Kutai Kartanegara. Kabupaten Kutai Kartanegara ternyata memiliki 2000 Sumur minyak, hal ini terungkap secara tidak sengaja oleh mantan pegawai pertamina yang menemukan kertas usang di sebuah toko fotocopy di Balikpapan.
Setelah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris dan indonesia, terungkap bahwa dokumen tersebut berisi tentang data letak ribuan sumur minyak di Samboja,Sanga-Sanga,dan Anggana, Kutai Kartanegara. Diperkirakan sumur-sumur tersebut masih memiliki kandungan minyak dan gas sekitar 70 % .Sebab, beberpa sumur yang rata-rata berdiameter 10 M tersebut baru dibuat pada tahun 1949, dan belum semuanya di eksploitasi.
Kabarnya, data-data tersebut sengaja dirahasiakan oleh Belanda, bahkan mereka sempat meminta US$ 25.000 per sumur ,sebagai tebusan untuk mengetahui letak sumur-sumur tersebut. Bila disetujui, Belanda akan mendapatkan ganti rugi sekitar Rp. 430 Milyar.
Kini sudah 145 sumur yang mendapat persetujuan pengelolaan dari bupati Kukar dan gubernur Kaltim. Perusda Tunggang Parangan serius untuk terjun ke pengelolaan sumur tua itu. Sebab, bidang tersebut dianggap lebih menguntungkan daripada sektor pertambangan batu bara. Taksiran investasinya Rp 400 juta per sumur dengan produksi mencapai 72 ribu liter minyak dan gas per hari. Dengan demikian, estimasi keuntungan dari 50 sumur bisa mencapai Rp 376 miliar per tahun..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar