Jumat, 12 Agustus 2011

Atasi Kantuk Saat Berpuasa


Atasi Kantuk Saat Berpuasa. Mungkin anda sering mengantuk di siang hari saat puasa, itu adalah hal yang wajar. Hal ini bukan hanya dikarenakan lelah dan kurang tidur, perubahan pola makan saat puasa juga bisa memicu serangan kantuk di siang hari.
Saat berpuasa, kadar gula darah menuju otak mengalami penurunan, sehingga mempengaruhi suplai oksigen ke otak yang pada akhitnya menyebabkan kita cepat mengantuk. Selain itu berubahnya pola makan, juga mempengaruhi asupan zat besi dalam tubuh.
Ahli gizi dari Universitas Indonesia, Dr Samuel Oetoro, memberi masukan agar selama puasakita mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Beberapa macambuah sepertiKiwi, jambu biji, pepaya, jeruk, mangga, nanas, bisa menjadi pilihan.
Cadangan air dalam tubuh juga perlu di perhatikan. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas selama jeda waktu antara berbuka puasa dan sahur, dan usahakan setelah makan sahur minimal 4 gelas. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi ataupun kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga tubuh tetap segar.
Cobalah untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti, ubi, singkong, gandum dan jagung.Dimana karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Sehingga tubuh lebih lama menyimpan energi.privatenews


Tidak ada komentar:

Posting Komentar